Senin, 19 Juli 2010

RUMAH SEHAT (Tugas Kesehatan Lingkungan/Kesling)

TUGAS

RUMAH SEHAT

Disusun Untuk Memenuhi Salah Satu Tugas Mata Kuliah Kesehatan Lingkungan (KESLING)

PRODI : S1.KESMAS

SEMESTER : V

NAMA : NOVIE SRIMAULANI

NIM : 080290

SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN

STIKES HAKLI

TAHUN 2009

BAB I

PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Kesehatan merupakan salah satu investasi terpenting bagi setiap individu. Sebagai negara yang sedang berkembang, Indonesia pun tentu melakukan berbagai perbaikan atau peningkatan dalam bidang kesehatan demi tercapainya masyarakat yang sehat dan sejahtera.

Peningkatan yang dilakukan pemerintah dalam bidang kesehatan tentunya tidak sedikit, mulai dari peningkatan sumber daya manusia di bidang tersebut, sarana dan prasarana pendukung sampai dengan sistem pelayanan yang akan diberikan.

Berbicara di bidang kesehatan tentunya tidak lepas dari lingkungan tempat tinggal/rumah, karena tempat tinggal mempunyai pengaruh yang sagat besar dalam menentukan derajat kesehatan seseorang.

Rumah adalah tempat untuk berlindung dan bernaung dari pengaruh keadaan alam sekitarnya (contohnya: hujan, panas)serta merupakan tempat untuk beristirahat setelah bertugas, untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Dan sehat adalah (menurut WHO) Keadaan yang sempurna baik fisik, mental dan sosial bukan hanya keadaan yang bebas dari penyakit atau kelemahan/cacat.

Jadi Rumah sehat dapat dapat didefinisikan sebagai “Tempat untuk berlindung /bernaung dan tempat untuk beristirahat, sehingga menumbuhkan kehidupan yang sempurna baik fisik, rokhani maupun sosial.”

Namun, pada kenyataannya, tidak semua rumah itu memenuhi criteria rumah sehat. Banyak sekali ditemukan didaerah pemukiman padat pendududuk atau di daerah – daerah pedesaan yang rumahnya tidak memenuhi criteria rumah sehat, dengan alasan terbatasnya pengetahuan yang dimiliki masyarakat.

Didalam rumah yang sehat harus terpenuhi syarat-syarat rumah sehat, baik dilihat secara fisik maupun dirasakan secara psychologis.

1.2 Maksud dan Tujuan

Adapun Maksud Penelitian adalah:

a. Mengetahui keadaan rumah sekitar tempat tinggal (Perumahan PDAM Kelud Semarang)

b. Untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah Kesehatan Lingkungan tentang Rumah Sehat, jurusan Kesehatan Masyarakat, STIKes HAKLI Semarang

c. Mengetahui permasalahan yang dihadapi untuk mewujudkan rumah sehat di daerah

d. Mencari jalan keluar untuk menanggulangi masalah yang ada.

Dan Tujuan dari Penelitian Adalah:

a. Meneliti keadaan perumahan di wilayah sekitar PDAM Kelud Semarang,

  1. Mengkaji apakah perumahan di wililayah sekitar PDAM Kelud Semrang sesuai dengan standar criteria Rumah Sehat.

1.3 Alat dan Bahan

a. Alat

Alat yang digunakan adalah:

· Alat tulis seperti : buku dan pinsil

· Komputer

· Kalkulator

b. Bahan

Bahan yang digunakan adalah :

· Formulir atau questioner penilaian Rumah Sehat.

· Buku sumber panduan Rumah Sehat.

1.4 Sasaran

a. Warga sekitar perumahan PDAM Kelud Semarang.

b. Rumah Perumahan PDAM Kelud Semarang.

BAB II

HASIL DAN PEMBAHASAN

1.1 Hasil Penelitian

Rumah yang sehat adalah rumah yang memenuhi persyaratan standar Rumah Sehat. Cara perhitungan penilaiannya adalah nilai di kalikan dengan bobot (Nilai X Bobot) yang telah disediakan di formulir questioner. Kriteria rumah sehat adalah Rumah yang mempunyai total nilai keseluruhan dari hasil perhitungan dengan poin 1.068 sampai dengan 2.000.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan didapatkan data sebagai berikut

a. Rumah Ibu Humar Syahman

Total nilai yang di dapat keseluruhan dari hasil perhitungan adalah 1.086

b. Rumah Bapak Edi Zakaria

Total nilai yang di dapat keseluruhan dari hasil perhitungan adalah 1.092

c. Rumah Bapak Muhammad Yasin Abdullah

Total nilai yang di dapat keseluruhan dari hasil perhitungan adalah 1.078

Dari hasil penelitian didapatkan hasil bahwa Rumah di Perumahan PDAM Kelud termasuk dalam criteria Rumah Sehat.

1.2 Pembahasan

  1. Langit-langit

Bahan yang digunakan untuk langit – langit rumah adalah bahan dari triplek, asbes, terlihat bersih dan tidak rawan terjadinya kecelakaan.

  1. Dinding

Dinding yang dibangun adalah permanent. Bahan dinding yang digunakan telah sesuai dengan fungsi ruangan, seperti: dinding kering yang digunakan untuk kamar, ruang tengah, ruang tamu, dan dapur. Dinding Kedap Air yang digunakan di kolam renang yang berfungsi untuk menjaga supaya air tidak merembes. Dinding Kamar Mandi, yang di gunakan di kamar mandi, dan tempat mencuci pakaian.

  1. Lantai

Lantai yang paling banyak digunakan adalah jenis kramik dan plesteran.

  1. Pintu, Jendela dan Ventilasi

Pengaliran udara / perputaran udara cukup lancar karena, umumnya rumah rumah di sekitar perumahan PDAM Kelud Semarang ini mempunyai luas ventilasi lebih dari 10% dari luas lantai. Dan ini sudah termasuk dalam criteria kategori cukup ventilasi. Dan kebutuhan cahaya sekitar 20 % dari luas lantai yang ada.

  1. Atap

Bahan yang digunakan adalah genting, asbes, fiber dan sebagian kecil ada yang menggunakan bahan jenis seng. Ratarata kemiringan atapnya yaitu sekitar 30o (tiga puluh derajat) untuk genteng dan 20o – 25o untuk asbes. Talang yg digunakan adalah jenis karpet yang digunakan khusus untuk talang.

  1. Saluran air Buangan

Hasil pembuangan air dari dapur maupun kamar mandi menggunakan saluran tertutup yang selanjutnya dibuang ke sumur resapan. Sedangkan buangan yang berasal dari limbah WC/Toilet dibuang ke septiktank.

  1. Air

Pada umumnya warga sekitar perumahan PDAM Kelud Semarang menggunakan air dari PDAM. Dikarenakan air sumur atau air tanah yang di hasilkan jelek, banyak mengandung zat kapurnya dan rasanya tidak enak bila digunakan untuk konsumsi air minum untuk kebutuhan keluarga.

  1. Tempat pembuangan Sampah

Umumnya setiap rumah mempunyai tempat penampungan sampah sementara yang dibangun di pojok banguan rumah yang selanjutnya akan di bawa oleh petugas kebersihan perumahan. Warga sekitar perumahan PDAM Kelud Semarang cukup membayar iuran sebesar Rp.35.000/bulan untuk biaya kebersihan pemukiman khususnya sampah.

  1. Halaman

Hampir semua rumah mempunyai halaman, namun tidak semua rumah mempunyai halaman yang cukup atau ideal dengan luas rumah yang ada.

  1. Taman/penghijauan

Umumnya semua rumah mempunyai tanaman sebagai penghijauan, meskipun luasnya tanaman disetiap rumah sangatlah minim tetapi penyelenggara perumahan menyediakan wilayah hijau taman bersama. Dan disetiap jalan di tanami pohon-pohon yang rindang seperti pohon mangga, dll.

  1. Prilaku Penghuni Rumah

Dikarenakan sasaran yang di teliti adalah daerah perumahan jadi, rata-rata kebanyakan warga perumahan PDAM Kelud mempunyai pekerja rumah yang bertugas membersihkan dan merapihkan rumah setiap hari.

  1. Jaringan listrik

Sudah tersedia, rata-rata penghuni mempunyai kapasitas listrik 900 watt.

  1. Jaringan Telphone

Sudah tersedia.

  1. Keamanan

Warga cukup membayar iuran kepada Rt untuk keamanan yang selanjutnya akan di kelola oleh SATPAM

  1. Ketenangan

Jauh dari tempat daerah industri.

BAB III

KESIMPULAN

Kesimpulan yang di dapatkan dari hasil penelitian yang dilakukan di perumahan PDAM Kelud adalah sebagai berikut:

  1. Rumah di perumahan PDAM Kelud yang di teliti telah memenuhi syarat kesehatan sebagai Rumah Sehat.
  2. Potensi terjadinya kecelakaan akibat bangunan rumah sangat kecil sekali, karena pada umumnya rumah yang di teliti telah di desain sedemkian rupa yang mengutamakan kenyamanan, keindahan dan keamanan dari terjadinya kecelakaan.
  3. Potensi penularan penyakit yang disebabkan oleh bangunan tidak ada, karena bahan yang digunakan untuk bangunan telah memenuhi standar yang di peruntukan untuk masing-masing penggunaannya. Dan sistem sanitasi pun telah memenuhi syarat standar sanitasi yang sehat.

BAB IV

SARAN

Saran peneliti adalah sebagai berikut:

  1. Tetap jaga kondisi rumah yang sudah bersih untuk tetap bersih, karena rumah yang bersih mencerinkan rumah yang sehat. Agar tidak terjangkit penyakit yang dibabkan oleh kondisi rumah yang kotor.
  2. Rawat rumah denan sebaik-baiknya, karena rumah yang dirawat dapat menjauhkan dari kemungkinan kecelakaan yang disebabkan oleh bangunan rumah itu sendiri.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar